Selama sepuluh tahun terakhir, Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa dalam sektor pelayanan kesehatan sebelum munculnya Aplikasi Klinik, terutama karena meningkatnya jumlah klinik di seluruh negeri. Dengan berkembangnya sektor pelayanan kesehatan, masyarakat mulai menyadari Fasyankes sebagai tempat perawatan medis yang efisien dan murah. Jumlah pasien yang berkunjung ke klinik juga meningkat pesat. Hal ini terbukti oleh peningkatan jumlah kunjungan pasien ke Klinik pada tahun 2022, yang mencapai 25 juta kunjungan.
Hal tersebut tentu saja akan mendorong klinik sebagai fasilitas kesehatan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya. Keluhan penyakit dari penyakit ringan, menular, dan kronis pun akan menjadi tantangan yang mesti dijawab oleh Klinik.
Pada aspek teknologi dan informasi, diperlukan juga sebuah media yang mampu dan cocok untuk mengelola data-data hasil dari aktivitas pelayanan kesehatan pasien. Klinik harus mulai memilih SIM Klinik atau aplikasi klinik terbaik yang sesuai untuk membantu pengelolaan data agar pasien mendapatkan perawatan yang lebih efisien.
Apa itu SIM Klinik?
SIM klinik atau Sistem Informasi Manajemen Klinik adalah suatu sistem yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek operasional dan pelayanan kesehatan yang ada di dalam layanan klinik menjadi satu pintu dan dilakukan secara otomatis. Sistem ini berfungsi untuk memudahkan semua pekerjaan yang ada di klinik dan juga turut serta mendukung klinik agar dapat meningkatkan kinerja, pendapatan, dan menjaga relasi dengan pasien secara efektif dan efisien.
Keunggulan Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIM Klinik)
Penggunaan sistem informasi manajemen klinik akan membantu Anda untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih efisien dan dapat memaksimalkan Klinik yang Anda jalankan. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen Klinik ini dapat dilihat dari keunggulan-keunggulannya seperti:
- Meningkatkan Produktivitas Klinik
- Data lebih aman
- Aktivitas Registrasi dilakukan Secara Online
- Menggunakan Rekam Medis Elektronik
- Terintegrasi PCare BPJS dan SATU SEHAT
Tips Memilih SIM Klinik
Memilih SIM Klinik yang tepat merupakan langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional klinik Anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih SIM Klinik yang tepat.
Pertimbangkan Kebutuhan Klinik
- Buat daftar kebutuhan klinik
- Pilih aplikasi dengan fitur yang sesuai
Pertimbangkan Harga
- Pilih harga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan klinik
- Bandingkan beberapa aplikasi untuk mendapatkan fitur terbaik
Pertimbangkan Keamanan Data
- Pilih aplikasi dengan tingkat keamanan yang memadai
- Pastikan terenkripsi dan tidak memungkinkan serangan siber
Pertimbangkan Kemudahan Penggunaan
- Pilih aplikasi yang user friendly
- Mudah digunakan oleh dokter dan staf klinik
Integrasi dengan Layanan Lain
- Pilih aplikasi dengan fitur integrasi
- Meningkatkan efisiensi dan menghindari kesalahan input data
Dukungan Akreditasi Klinik
Pilih aplikasi dengan fitur yang mendukung proses akreditasi
Rekomendasi Aplikasi Klinik
Berikut ini sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan oleh eClinic yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih aplikasi SIM Klinik:
- Menyediakan Rekam Medis Elektronik (RME)
- Mendukung akreditasi klinik
- Terintegrasi dengan BPJS PCare dan i-Care JKN
- Manajemen resep digital (e-prescribing)
- Menjamin keamanan data pasien
- Mendukung kelola janji temu pasien
Aplikasi klinik seperti eClinic dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas pelayanan, dan keamanan data di klinik Anda. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran klinik Anda.
eClinic: Solusi Komprehensif Manajemen Klinik
Dengan memahami masalah yang dijelaskan di atas, eClinic hadir sebagai aplikasi SIM klinik yang dapat memudahkan pengelolaan data dan operasionalisasi klinik untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di klinik Anda secara digital.
eClinic sendiri merupakan merupakan sistem informasi manajemen klinik yang telah terintegrasi dengan banyak aplikasi lain di ekosistem layanan kesehatan primer di Indonesia, diantaranya aplikasi pCare BPJS, platform SATUSEHAT milik Kemenkes RI dan laporan jejaring ePuskesmas. Sampai akhirnya bertransformasi menjadi eClinic Leap!, aplikasi tersebut terus mengalami pembaharuan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pelayanan kesehatan.
Fitur-fitur eClinic
eClinic dapat menanggulangi masalah yang ada melalui teknologi digital. Berikut fitur dasar yang seharusnya disediakan oleh SIM Klinik:
- Pencatatan dan pengelolaan data pasien
SIM klinik harus mampu mengelola data pasien secara efisien, termasuk informasi demografis, riwayat medis, rekam medis, dan jadwal kunjungan. - Pengaturan jadwal
Sistem harus memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal kunjungan pasien, jadwal dokter, serta jadwal pemesanan persediaan. - Pemantauan persediaan
Klinik yang menjalankan praktik medis membutuhkan stok obat dan alat medis yang memadai. SIM klinik harus dapat memantau persediaan yang tersedia dan menghasilkan notifikasi ketika ada kekurangan atau persediaan yang sudah kadaluarsa. - Pencatatan keuangan
Klinik perlu mencatat semua transaksi keuangan, termasuk pembayaran pasien, asuransi, dan pengeluaran klinik. SIM klinik seharusnya mampu menghasilkan laporan keuangan secara akurat. - Pelaporan dan analisis
SIM klinik harus memberikan kemampuan untuk menghasilkan laporan dan analisis data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, seperti laporan kinerja klinik, statistik kunjungan pasien, dan lain sebagainya. - Memudahkan klinik menjangkau pasien
Menjaga hubungan baik dengan pasien merupakan strategi peningkatan pendapatan yang cenderung mudah dan efektif secara biaya. Dengan memilih SIM Klinik yang terhubung dengan aplikasi pasien (contohnya aplikasi untuk keperluan booking online) klinik Anda akan dapat merasakan manfaat yang signifikan.
Tips tambahan:
- Mintalah demo dari vendor SIM Klinik sebelum Anda memutuskan untuk membeli.
- Baca testimoni dari pengguna SIM Klinik yang sudah ada.
- Pastikan vendor SIM Klinik memiliki reputasi yang baik.