Langganan
Sekarang, Diskon
50

*Syarat & Ketentuan berlaku

Isi Konten

Bridging BPJS: Definisi, Manfaat, dan Cara Daftar
Home » BPJS » Bridging BPJS: Definisi, Manfaat, dan Cara Daftar

Isi Konten

Bridging BPJS: Definisi, Manfaat, dan Cara Daftar

BPJS, atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Program jaminan kesehatan ini hadir untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat melalui berbagai layanan yang ditawarkan, salah satunya dengan adanya Bridging BPJS. Apa itu Bridging BPJS? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya! 

Pengertian Bridging BPJS 

Menurut BPJS Kesehatan, istilah bridging memiliki arti penggunaan fasilitas teknologi informasi berbasis web service yang memungkinkan dua sistem yang berbeda pada saat yang sama, sehingga mampu melakukan dua proses tanpa adanya intervensi satu sama lainnya pada sistem secara langsung. 

Bridging BPJS sendiri dikembangkan untuk beberapa tujuan penting yaitu meningkatkan efektivitas proses mengolah data, mempercepat proses kelola klaim, piutang, verifikasi, efisiensi sumber daya, dan lain sebagainya. 

Setiap rumah sakit atau klinik yang melayani peserta BPJS Kesehatan diwajibkan melakukan sistem bridging, supaya dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan. Fasilitas ini merupakan fasilitas penting yang memungkinkan rumah sakit maupun klinik terhubung dengan BPJS Kesehatan dalam hal pertukaran data pasien maupun klaim pembayaran. 

Dengan teknologi bridging BPJS, fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas tidak perlu khawatir soal keamanan data. BPJS Kesehatan menjamin bahwa tingkat kemanaan dan kerahasian masing-masing sistem tetap terjaga dengan aman. 

Manfaat Bridging BPJS

Fasilitas yang satu ini memiliki beberapa manfaat penting bagi fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik dan peserta BPJS Kesehatan. Berikut merupakan manfaat bridging BPJS Kesehatan: 

  • Peserta mendapatkan pelayanan lebih cepat

    Manfaat bridging BPJS bagi peserta BPJS adalah peserta bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dibandingkan sebelum fitur bridging BPJS ada. Bridging BPJS akan membantu sistem pendaftaran lebih efisien karena registrasi peserta hanya perlu dilakukan 1 kali saja pada sistem rumah sakit atau klinik. Dengan begitu maka peserta bisa menjadi lebih cepat mendapatkan pelayanan kesehatan atau bisa segera ditangani.

  • Meningkatkan efisiensi rumah sakit atau klinik

    Fitur ini juga akan meningkatkan efisiensi rumah sakit atau klinik dalam banyak hal, terutama dalam administrasi. Dengan adanya bridging BPJS, akan membantu penyederhanaan proses administrasi, membantu otomasi proses, pengelolaan data pasien yang lebih efisien, dan pemrosesan data yang cepat dan akurat.

  • Keterbukaan dan transparansi

    Manfaat bridging BPJS yang selanjutnya adalah menciptakan keterbukaan dan transparansi dalam pembiayaan pelayanan kesehatan. Dengan integrasi data, rumah sakit atau klinik dapat melacak status klaim pembayaran dan mengetahui proses pengajuan klaim secara real-time.

  • Meminimalisir human error

    Menggunakan sistem yang lama, rumah sakit atau klinik harus melakukan entri data sebanyak 3 kali untuk 3 sistem yang berbeda dengan total jumlah kunjungan peserta BPJS yang banyak setiap harinya. Tentu saja hal ini meningkatkan resiko kesalahan atau human error. Dengan memanfaatkan bridging BPJS, maka dapat meminimalisir human error saat menginput data atau melakukan proses administratif peserta.

Cara Daftar Bridging BPJS

Fitur dari BPJS Kesehatan ini sangatlah penting untuk meningkatkan efisiensi klinik Anda. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh pengelola klinik adalah, “bagaimana cara agar klinik bisa bridging BPJS?”. Caranya adalah sebagai berikut. 

Harus menggunakan SIM Klinik 

Salah satu syarat untuk mendaftarkan bridging BPJS adalah fasilitas pelayanan kesehatan sudah menggunakan sistem informasi manajemen (SIM Klinik) elektronik. Penggunaan SIM Klinik bertujuan supaya klinik dapat terdaftar sebagai penyedia layanan BPJS Kesehatan secara digital. Dengan begitu, integrasi data peserta bisa dilakukan secara mudah. 

Integrasikan PCare klinik Anda dengan SIM Klinik.

Proses bridging akan menjadi mudah ketika Anda memilih penyedia SIM Klinik yang tepat. Bagian ini akan kita contohkan dengan ketika Klinik Anda menjadi pengguna eClinic. Dengan eClinic proses bridging adalah sebagai berikut.

  1. Klinik berlangganan eClinic.
  2. Klinik menyerahkan data yang dibutuhkan untuk bridging ke tim eClinic.
  3. Tim eClinic yang akan membantu integrasi atau sistem Anda dengan PCare sehingga Anda tinggal menunggu.
  4. Setelah berhasil, data pasien BPJS, diagnosis, tindakan medis, dan informasi penting lainnya akan terintegrasi dengan sistem BPJS.

Dengan eClinic proses bridging jadi sangat mudah. Tim eClinic akan mengurus proses bridging hingga beres.

Bridging BPJS Kesehatan adalah solusi terbaik untuk mengintegrasikan sistem BPJS dengan sistem informasi klinik, sehingga memudahkan pengelolaan data pasien dan klaim. Untuk memaksimalkan manfaat ini, percayakan kepada eClinic sebagai Sistem Informasi Manajemen (SIM) klinik Anda. Dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan program bridging BPJS Kesehatan, manajemen pasien, pelaporan terintegrasi, dan masih banyak yang lainnya. Daftarkan klinik Anda sekarang di sini dan rasakan kemudahannya!

  1. User, S. (n.d.). “Bridging System” Jadikan Pelayanan BPJS Kesehatan Lebih Cepat dan Efisien. https://manajemen-pembiayaankesehatan.net/index.php/berita/1250-bridging-system-jadikan-pelayanan-bpjs-kesehatan-lebih-cepat-dan-efisien
- New Version -
eClinic Leap Logo
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap didesain sesuai dengan standar persyaratan dokumen untuk akreditasi klinik paripurna!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.