Langganan
Sekarang, Diskon
50

*Syarat & Ketentuan berlaku

Isi Konten

Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
Home » Pengendalian Infeksi » Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Isi Konten

Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Pelatihan merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kompetensi para tenaga medis. Dampak positif lainnya dari pelatihan untuk tenaga medis adalah dapat meningkatkan keselamatan pasien dan mengurangi biaya perawatan kesehatan. Kali ini eClinic akan memberi informasi mengenai pentingnya pelatihan pencegahan pengendalian infeksi untuk tenaga medis. 

Baca informasi lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui tujuan dan kompetensi apa saja yang akan didapatkan oleh tenaga medis dari pelatihan PPI. 

Apa itu Pencegahan Pengendalian Infeksi? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelatihan PPI, mari kita kenali dulu apa itu PPI? PPI atau singkatan dari Pencegahan Pengendalian Infeksi merupakan sebuah upaya untuk melindungi tiap individu dari resiko tertularnya infeksi, baik dari lingkungan masyarakat umum maupun saat individu sedang menerima perawatan di berbagai fasilitas kesehatan. 

Sedangkan infeksi merupakan sebuah kondisi tertentu yang muncul karena mikroorganisme patogen, dengan atau tanpa adanya gejala klinik. Sumber dari infeksi bisa berasal dari masyarakat hingga fasilitas pelayanan kesehatan. 

Infeksi yang didapat dari fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit dikenal dengan istilah infeksi Nosokomial atau Hospital Acquired Infection atau HAIs. Oleh karena itu penting untuk menerapkan PPI di tengah masyarakat untuk mengendalikan infeksi, sehingga tidak sampai menyebar dan merugikan masyarakat. 

Tujuan Pelatihan PPI 

Pelatihan PPI sangat penting dan perlu dilakukan di rumah sakit atau klink untuk para tenaga medis. Berikut ini adalah beberapa tujuan pelatihan PPI di untuk tenaga medis: 

  1. Meningkatkan kompetensi teknis

    Melalui pelatihan PPI, tenaga medis di klinik Anda dilatih untuk menguasai teknik dan prosedur terbaru dalam pencegahan dan pengendalian infeksi. Kompetensi teknis ini sangatlah penting untuk memastikan penerapan standar yang efektif di fasilitas pelayanan kesehatan.

  2. Mengurangi risiko penularan infeksi

    Salah satu tujuan utama dari pelatihan ini yaitu untuk mengurangi risiko penularan infeksi di lingkungan medis maupun di lingkungan masyarakat. Dengan menerapkan praktik pencegahan yang benar, maka risiko penyebaran infeksi atau penyakit dapat diminimalisir.

  3. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan

    Tujuan pelatihan PPI yang ketiga yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tenaga medis yang terlatih dan memiliki kompetensi terkait pencegahan pengendalian infeksi dapat memberikan perawatan dan penyuluhan kepada pasien atau masyarakat lebih aman dan efektif, sehingga mendapatkan kepercayaan pasien terhadap fasilitas kesehatan.

Kompetensi Pelatihan Pencegahan Pengendalian Infeksi 

Setelah mengikuti pelatihan ini, tenaga medis diharapkan peserta mampu: 

  1. Menjelaskan konsep infeksi dengan benar

    Diharapkan peserta mampu memahami dasar-dasar infeksi dan bagaimana penyebarannya. Pengetahuan dasar ini sangat penting untuk mengidentifikasi sumber dan jalur penularan infeksi.

  2. Menjelaskan program PPI di fasilitas pelayanan kesehatan

    Peserta diharapkan mampu menjelaskan komponen-komponen penting dari program PPI yang diterapkan di fasilitas kesehatan. Termasuk kebijakan, prosedur, dan praktik terbaik untuk meminimalkan risiko infeksi,

  3. Menjelaskan asesmen risiko infeksi fasilitas kesehatan

    Peserta juga akan dilatih dalam melakukan asesmen risiko infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan. Peserta nantinya akan belajar mengidentifikasi area berisiko tinggi dan mengambil tindakan preventif yang sesuai.

  4. Menerapkan pencegahan pengendalian infeksi di fasilitas kesehatan

    Pelatihan ini akan menjelaskan kepada peserta bagaimana cara menerapkan langkah-langkah pencegahan serta pengendalian infeksi di tempat kerja dengan efektif. Hal ini mencakup penggunaan APD hingga teknik sterilitas.

  5. Menjelaskan monitoring, evaluasi, dan pelaporan program PPI

    Yang terakhir, peserta akan memahami pentingnya monitoring dan evaluasi program PPI untuk memastikan efektivitasnya. Peserta akan dilatih dalam prosedur pelaporan secara akurat untuk mendokumentasikan hasil dan tindakan yang diambil.

Pelatihan PPI merupakan pondasi penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Dengan mengikuti pelatihan ini, tenaga medis dapat meningkatkan kompetensi dan praktik terbaik mereka dalam melayani masyarakat. 

Selain itu, jangan ragu untuk melengkapi langkah pencegahan dengan teknologi terbaru. Gunakan eClinic, aplikasi RME berbasis web yang memudahkan manajemen kesehatan di fasilitas kesehatan Anda. Gabung bersama kami dan coba gratis di sini

  1. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  2. Pedoman Teknis Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama. (2020). Kemenkes RI
  3. Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Dasar bagi Tenaga Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. (n.d.). LMS Kemkes. https://lms.kemkes.go.id/courses/32b3e1a4-e469-45c1-bf79-2ddb49e52d48
- New Version -
eClinic Leap Logo
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap didesain sesuai dengan standar persyaratan dokumen untuk akreditasi klinik paripurna!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.